Selasa, 27 November 2012

- Seleksi Nasional OSN-PERTAMINA 2012 -

     Pembukaan Seleksi Nasional OSN PERTAMINA 2012 yang diadakan di Balai Sidang Universitas Indonesia Depok Senin 26 November 2012 ini yang akan di hadiri oleh Meneg BUMN Dahlan Iskan, Dirut Pertamina ( persero ) Karen Agustiawan dan Rektor UI Prof, Dr Djoko Santoso, dengan ditandai penanaman pohon sebagai bukti semangat untuk " Mencetak Generasi Sobat Bumi Berpretasi " yang merupakan tema utama OSN PERTAMINA 2012.
    Komitmen PT Pertamina dalam peningkatan kualitas pendidikan tuinggi di Indonesia kembali dibuktikan melalui penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional Pertamina ( OSN PERTAMINA ) 2012. PT Pertamina ( persero ) bekerja sama dengan Universitas Indonesia ( UI ) sebagai mitra utama, didukung perguruan tinggi di 33 provinsi dan Direktorat Jendral Pendidikan tinggi Kemendikbud.
     Seleksi Nasional OSN PERTAMINA 2012 diikuti oleh 132 finalis untuk kategori Theory dari 33 provinsi dan 8 kelompok finalis untuk kategori Science Project yang berasal dari 8 region wilayah kerja PT Pertamina, dan didampingi 33 PIC dan para Dosen pendamping. Kompetisi ini memperebutkan total beasiswa mencapai Rp 2,8 miliar. para Finalis OSN PERTAMINA 2012 telah melewati 2 tahap seleksi, yakni babak penyisihan dan babak final tingkat provinsi yang dilakukan serentak di 33 provinsi pada tanggal 25 September dan 8 Oktober 2012.
    QSN PERTAMINA 2012 terbuka bagi seluruh Mahasiswa S-1 yang minimal duduk di semester tiga, serta bukanlah pemenang OSN-PERTAMINA pada tahun sebelumnya, atau mahasiswa yang pernah mengikuti olimpiade sains Internasional. Pada penyelenggaraan OSN-PERTAMINA 2012, panitya melakukan serangkaian pengembangan dalam kategori Theory dan Science Project, pada kategori Theory meliputi bidang Matematika, Fisika dan Biologi. sedang untuk kategori Science Project dirancang untuk menjaring pemenang secara kelompok yang memiliki karya inovasi dan Applied Science di bidang energi dan pengembangannya yang disampaikan dalam karya Prototype.
     Pelaksanaan OSN-PERTAMINA  dari aspek peserta yang setiap tahunnya terus meningkat mengindikasikan bahwa program ini dikalangan para mahasiswa telah menjadi agenda kompetisi sains rutin, dan menjadi ajang untuk mempersiapkan diri menjadi scientis ternama . Meskipun masih banyak perguruan tinggi penyelenggara sains dan tehnologi yang masih menghadapi berbagai persoalan dan tantangan dalam bidang infrstruktur pendidikan, namun dengan tingginya minat mahasiswa dalam mengikuti lomba ini menunjukan semangat mereka untuk memperbaiki kualitas pendidikan sains dan tehnologi.
    Hal yang mengembirakan adalah mulai disadari bersama bahwa sains dan tehnologi telah melekat erat kedalam setiap gaya hidup dan kehidupan modern. Petunjuk kemajuan sebuah negara banyak tergantung kepada perkembangan sains dan tehnologi, oleh karena itu program pendidikan sains dan tehnologi adalah penting dan perlu diberi perhatian  yang lebih bagi melahirkan generasi yang cerdas dan tangguh untuk membangun bangsa dan negara dan meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.  

                                                                                       Jakarta 27 November 2012

                                                                                                    MULYADI
                                                                                        ( Suara Indonesia Raya )













 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar