Sabtu, 01 Desember 2012

* Industri Media dan Peluang Digital di Indonesia *

   Perkembangan dunia digital di dunia tampaknya juga tercermin di Indonesia. Pengguna internet dalam 10 tahun terakhir ini, tumbuh sangat mengesankan di tanah air. Pada tahun 2000, pengguna internet Indonesia masih sekitar 2 juta orang, lalu jumlahnya naik secara mengesankan dalam tahun tahun berikutnya, pada tahun 2007 menjadi 20 juta, tahun 2008 menjadi 25 juta, dan tahun 2009 mencapai 30 juta. Pada tahun 2010 Indonesia berada di peringkat 16 dunia dalam jumlah pengguna internet.
   Data ini menunjukan bahwa pengguna internet di Indonesia sekitar 12,3% dari populasi penduduk. Artinya jumlah pengguna internet di Indonesia tumbuh 1,400% dalam 10 tahun terakhir. Dengan jumlah pengguna internet sampai 30 juta, ini sekitar 1,5% dari pengguna internet dunia. Sampai tahun 2010, persentase pertumbuhan pengguna internet di Indonesia berada diatas Amerika Serikat yang pertumbuhannya 151,6%, United Kingdom ( 234% ) dan Jepang ( 110,6% ).
   Jumlah pengguna internet di Indonesia ini sebenarnya bisa lebih besar , meski pengguna internet yang tercatat  pada tahun 2010 adalah 30 juta. Mereka mengakses internet bisa dipastikan lebih banyak, Soalnya, selain dengan personal computer, internet juga diakses lewat telepon seluler atau perangkat mobile, seperti temuan Opera Mini. Dalam temuannya, Opera Mini menyebutkan bahwa lebih dari 90% pengguna muda mengakses internet lewat telepon seluler mereka. Dengan pengguna ponsel Indonesia yang sebesar 178 juta, pengguna internet bisa dipastikan lebih dari data world internet statistic.
   Indikasi lain dari tingginya pengguna internet adalah statistik pemakaian media sosial. Salah satu media sosial yang paling Favorit di Indonesia adalah Face book. Sampai Juni 2011, pengguna Face book  di Indonesia berjumlah 38,86 juta. Jumlah yang naik drastis dibanding tahun sebelumnya, yang baru 26 juta pengguna. Dengan angka itu, Indonesia pun menempati peringkat kedua di dunia, setelah Amerika Serikat, sebagai negara dengan pengguna  Face book terbesar. Adapun profil pengguna Face book di Indonesia, menurut data socialbakers.com, sebagian besar adalah Laki laki. Kelompok umur yang paling banyak mengakses Face book berusia 18 sampai 24 tahun.
    Tak hanya Face book yang diminati orang Indonesia. Beberapa media sosial lainnya juga mendapat pengikut cukup besar di Indonesia. Dalam statistik penggunaan Twitter, Indonesia juga menduduki peringkat  4 dunia pada tahun 2010. Diluar media sosial, situs apa saja yang menjadi favorit bagi pengguna internet di Indonesia ?, selain jejaring sosial Face book, termasuk lima web dengan pengakses teratas adalah mesin pencari Google, blog gratis Blogger dan Yahoo.com. Ada juga sejumlah portal berita yang masuk dalam daftar 100 website paling banyak dikunjungi: Detik.com, Viva.com, Kompas.com, Okezone.com, Inilah.com, Tempo interaktif, dan Tribunnews.com.


                                                                                                    Jakarta  1 Desember 2012

                                                                                                                MULYADI

                                                                                                     ( Suara Indonesia Raya )














Tidak ada komentar:

Posting Komentar